Bimtek Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi Pemerintah Kabupaten Kebumen
Bimtek Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi Pemerintah Kabupaten Kebumen
Kebumen - Bimtek Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi Pemerintah Kabupaten Kebumen Kamis, 20 Juni 2024 di Hotel Mexoli
Hasil Bimtek sebagai berikut :
Bimtek dibuka oleh Purbo Waskito mewakili Inspektur Daerah Kabupaten Kebumen.
Penilaian mandiri SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) sdh dilaksanakan setiap tahun, namun pada tahun yang sudah berjalan hanya beberapa OPD sbg sampel, tahun 2024 semua OPD melaksanakan penilaian mandiri SPIP.
Kepala OPD membuat Surat Tugas untuk Admin dan Asesor PM SPIP OPD yang bertugas :
Memastikan Pengendalian Internal skala Perangkat Daerah telah berjalan dengan baik.
?Melakukan Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.
?Menyampaikan hasil penilaian mandiri kepada Tim Penjamin Kualitas untuk dilakukan reviu.
?Bertanggung jawab kepada Sekretaris Daerah
Memastikan Pengendalian Internal skala Perangkat Daerah telah berjalan dengan baik.
?Melakukan Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.
?Menyampaikan hasil penilaian mandiri kepada Tim Penjamin Kualitas untuk dilakukan reviu.
?Bertanggung jawab kepada Sekretaris Daerah
Penyampaian materi : Narasumber dari BPKP Wilayah yogyakarta, Paramitha Sari dan Mega.
Alur penilaian mandiri : persiapan PM, Pelaksanaan PM, mengirim PM ke PK.
User penilaian mandiri dan penjaminan kualitas :
Admin Pemda : tugas menambah pegawai ke aplikasi, menginput nama OPD, membuat penilaian mandiri pemda, menambahkan peran pegawai yang akan terlibat dalam penilaian mandiri.
?Asesor Perencanaan : tugas input data perencanaan, penilaian dan pengumpulan bukti pada Tingkat pemda.
?Asesor keuangan : tugas melakukan input data opini, temuan, dan penyebab temuan terkait pelaporan keuangan, melakukan penilaian struktur & proses dan penilaian pencapaian tujuan terkait keuangan pada tingkat Pemda.
?AsesorAset pemda : tugas melakukan input data temuan dan penyebab temuan terkait asset, penilaian pencapaian tujuan terkait aset pada tingkat Pemda.
?Asesor ketaatan pemda : tugas melakukan input data temuan, penyebab temuan terkait ketaatan, data keterjadian tipikor, melakukan penilaian, struktur dan proses dan penilaian pencapaian tujuan terkait ketaatan pada tingkat Pemda.
?Asesor PK Pemda : tugas bertanggungjawab atas simpulan hasil penjaminan kualitas pada tingkat Pemda, memberikan saran perbaikan kepada asesor instansi dan menjelaskan hasil PM kepada Tim Evaluasi.
?Asesor OPD : tugas melakukan input data perencanaan tingkat OPD, melakukan penilaian dan pengumpulan bukti pada tingkat OPD, jika asesor pemda sudah selesai input.
?Asesor PK OPD : tugas bertanggung jawab dalam penyimpulan atas pengumpulan bukti pada tingkat OPD
Fokus/ sektor yang akan diuji pada PM SPIP tahun 2024 yaitu : sektor pengentasan kemiskinan, sektor percepatan penurunan stunting dan 1 (satu) lintas sektor sesuai dengan urusan OPD.
Verifikasi dan setup password pada aplikasi e-INTEGRITY bagi asesor OPD belum berhasil karena server Kominfo down sehingga belum bisa melakukan PM.
Latihan / praktek penilaian mandiri oleh asesor OPD dengan login akun yang sudah disediakan BPKP.
Tindak lanjut penilaian mandiri OPD batas waktu sampai dengan akhir bulan Juni 2024. Sambil menunggu akun dapat digunakan dan admin serta asesor Pemda selesai input data, admin dan asesor OPD dapat mengumpulkan data dukung pelaksanaan kegiatan tahun 2023 terlebih dahulu dengan menggunakan lembar kerja manual yang akan disampaikan menyusul.
Penutup – Bimtek ditutup oleh Plh. Itda Mukhsinul Mubarok.