Sosialisasi Pelayanan Samsat Malam dan BPJS Kesehatan Menjadi Materi dalam Pertemuan Bakohumas Ke 2 Tahun 2024
Sosialisasi Pelayanan Samsat Malam dan BPJS Kesehatan Menjadi Materi dalam Pertemuan Bakohumas Ke 2 Tahun 2024
Kebumen (16/5/2024) Anggota Bakohumas Disarpus Kebumen Mengikuti Pertemuan Bakohumas ke 2 Tahun 2024 dengan tema “Sosialisasi Pelayanan Samsat Malam”. Pertemuan di selenggarakan di Momong Resto, Jl. HM Sarbini Kebumen. Acara dibuka Kepala Dinas Kominfo diwakili Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Efit Septiyani.
Materi pertama disampaikan oleh Kepala Seksi PKB Bapak Irawan SIP,M.M dari UPPD/Samsat Kebumen. Irawan menjelaskan mengenai Pajak yang dikelola oleh UPPD Kabupaten Kebumen terdiri dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Air Permukaan (PAP), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dan Pajak Motor.
Titik Layanan tersebar di beberapa tempat yaitu Samsat Induk yang berada di Jl. Tentara Pelajar No 54 Panggel Panjer Kebumen, Samsat Gerai Gombong di Klapasawit Wero Gombong, Samsat MPP (Mall Pelayanan Publik), Samsat Paten Ayah, Samsat Keliling yang berkeliling di 6 tempat titik layanan selama 1 pekan, Samsat Desa yang berkeliling di 6 tempat titik layanan selama 1 pekan, serta Samsat Cepat Induk.
Irawan Juga menjelaskan mengenai Titik layanan ekstra yang bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan yang berada di beberapa titik yaitu Samsat CFD beroperasi setiap Minggu pagi di depan Pendopo Bupati, Samsat Sabtu Sonten (Samson) beroperasi setiap Sabtu Sore di Halaman SAMSAT Kebumen, Samsat Siaga digunakan untuk menambah titik layanan di luar jadwal rutin. Terdapat layanan Samsat Budiman (Samsat Badan Usaha Digital Mandiri) yang dikembangkan dalam rangka peningkatan pelayanan masyarakat dan peningkatan PAD. Masyarakat juga dapat memanfaatkan aplikasi New Sakpole yang dapat di download di PlayStore. Terdapat beberapa layanan yang disediakan salah satunya adalah pembayaran pajak kendaraan bermotor.
Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Pihak BPJS Kesehatan, hadir sebagai Narasumber Andi Sulistiyanto dan Iksan. Dalam materinya narasumber mensosialisasikan program PESIAR ( Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi) adalah program untuk mengakselerasi proses rekrutmen peserta. Program ini juga dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan aktif dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Program PESIAR ini dilakukan dengan melibatkan perangkat daerah setempat, guna mencapai target minimal 98% penduduk sebagai peserta JKN sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2024. Program Pesiar tersebut juga dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN yang menginstruksikan kepada 30 kementerian/lembaga termasuk bupati/walikota untuk mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangannya masing-masing.
Selain itu narasumber juga memenjelaskan bahwa dalma rangka memberikan kemudahan layanan administrasi kepesertaan dan optimalisasi pemanfaatan data kependudukan. BPJS bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Masyarakat untuk memastikan bahwa NIK telah konsol dengan data Dukcapil serta sesuai dengan data kepesertaan di BPJS Kesehatan. Selain itu masyarakat juga dapat melakukan Layanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) melalui narahubung 08118165165.
Penyampaian materi terahir oleh Bapak Iksan mengenai Pendaftaran Bayi Baru Lahir yang tertuang dalam Prespres No. 82 Tahun 2018 Pasal 16.