Rapat Koordinasi (RAKOR) Pengawasan Kearsipan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
Rapat Koordinasi (RAKOR) Pengawasan Kearsipan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
SEMARANG - Rapat Koordinasi (RAKOR) Pengawasan Kearsipan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah dilaksanakan di Hotel Candi Indah pada Rabu, 13 September 2023. Rapat Koordinasi kali ini dengan tema "Implementasi Pengawasan Kearsipan terhadap Pengelolaan Arsip Berbasis Elektronik" sebagai implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). SPBE sebagai upaya Pemerintah dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE, termasuk dalam penyelenggaraan kearsipan.
Guna meningkatkan efektifitas pelaksanaan pengawasan kearsipan telah diterbitkan Peraturan Arsip Nasional RI Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pengawasan Kearsipan yang mengatur pengawasan kearsipan terhadap penegakan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang kearsipan. Dari hasil pengawasan kearsipan internal Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah ditemukan permasalahan yang dihadapi oleh Perangkat Daerah dalam menyelenggarakan kearsipan, antara lain:
1. Belum terlaksananya Pengelolaan Arsip Dinamis;
2. Belum mempunyai Record Centre atau Pusat Arsip;
3. Belum tersedianya Sarana Prasarana Kearsipan sesuai standar;
4. Belum tersedianya SDM Kearsipan;
5. Tidak adanya koordinasi dan sinergi antara Unit Pengolah dan Unit Kearsipan, terkesan berjalan sendiri-sendiri, sehingga pengelolaan arsip di Perangkat Daerah belum sesuai dengan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria.
Rakor ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah yang diwakilkan oleh Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Ibu Dra. EMA RACHMAWATI, M.Hum, beliau menyampaikan Implementasi penggunaan aplikasi SRIKANDI diharapkan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif transparan dan akuntabel sebagaimana misi Bapak Presiden yaitu terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong melalui pengelolaan pemerintah yang efektif, efisien dan terpercaya.