Rapat Koordinasi Pengelolaan dan Penyajian Data Pegawai ASN

Rapat Koordinasi Pengelolaan dan Penyajian Data Pegawai ASN
Kebumen - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengikuti Rapat Koordinasi Pengelolaan dan Penyajian Data Pegawai ASN pada Selasa (24/6) di Ruang CAT BKPSDM. Kegiatan yang diselenggarakan BKPSDM Kebumen dilaksanakan dalam dua sesi, melibatkan pejabat pengelola sistem informasi kepegawaian dari 24 Perangkat Daerah pada sesi pertama, dan seluruh Kecamatan di sesi kedua. Rakor dibuka oleh Kepala BKPSDM yang diwakili oleh Kabid IPKPK Sekar Satiti, S.STP, yang menekankan pentingnya data kepegawaian yang mutakhir, lengkap, dan valid sebagai dasar utama dalam pengambilan kebijakan manajemen ASN.
Dalam sambutannya, Sekar menyampaikan bahwa tanpa data yang akurat, berbagai layanan kepegawaian seperti kenaikan pangkat, mutasi, penilaian kinerja, hingga penghitungan tunjangan akan terhambat. Melalui rakor ini, diharapkan seluruh perangkat daerah memiliki kesadaran dan komitmen yang sama dalam melakukan pemutakhiran data ASN melalui sistem yang telah tersedia seperti SIMPEG, MyASN, SIASN, e-Kinerja, e-Presence, dan e-Letter.
Materi disampaikan oleh Ketua Tim Pengelolaan Data dan Informasi ASN, Imam Makhfadi, S.Kom., yang membahas beberapa poin penting, antara lain: pemutakhiran data pokok dan riwayat ASN di SIMPEG dan MyASN BKN, pemanfaatan layanan ASN Digital (BSrE, IPASN, ASN Karier, dan Helpdesk BKN), penataan cuti besar yang berpengaruh pada gaji dan TPP, serta pentingnya integrasi lintas sistem guna mendukung pengelolaan ASN yang lebih efektif dan efisien.