PENDAMPINGAN SRIKANDI DI DISNAKER KEBUMEN
PENDAMPINGAN SRIKANDI DI DISNAKER KEBUMEN
Kebumen, Kamis (25/1/2024)- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DISARPUS) Kabupaten Kebumen memfasilitasi penerapan Aplikasi SRIKANDI Perangkat Daerah di Dinas Tenaga Kerja (DISNAKER) Kabupaten Kebumen yang dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Tenaga Kerja.
Aplikasi SRIKANDI merupakan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) sesuai dengan Peraturan Presiden No 95. Tahun 2018 mengenai Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Aplikasi Srikandi merupakan hasil mandatori dari pemerintah pusat yaitu Kementerian Pendayagunaan Reformasi Birokarasi (Kemenpan RB), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSRE), Kementerian Kominfo, dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).
Tim Pendamping Disarpus Kabupaten Kebumen dipimpin oleh Sekretaris Disarpus Tri Tunggal Eko Sapto,S.KM, M.PH. Menerima tim pendampingan Disarpus Kabupaten Kebumen, Kepala Disnaker yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas dan Hubungan Industrial Muhammad Lathif, SE, M.Si diikuti oleh karyawan karyawati di lingkungan Disnaker Kabupaten Kebumen.
Penerapan aplikasi Srikandi diharapkan dapat mempermudah proses administrasi kearsipan dari proses pembuatan naskah, pemberian nomor sebelum proses pengiriman naskah keluar, proses pengklasifikasian naskah diterima dan keluar yang kemudian akan diarsipkan sesuai ketentuan yang berlaku. Kegiatan sosialisasi dan pendampingan aplikasi Srikandi disambut baik oleh peserta pendampingan dan selanjutnya akan segera diterapkan di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kebumen secara optimal.