Polling

Bagaimanakah Layanan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Kebumen?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Bagaimanakah fasilitas yang ada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen?
Sangat Baik
Baik
Cukup Baik
Kurang Baik

Submit Lihat Hasil Polling

PROFIL / Sejarah

Sejarah

Perpustakaan Umum Kabupaten Kebumen
pertama kali didirikan pada tahun 1976 dengan status kelembagaan pada Bagian
Kesra Setda Tk II Kabupaten Kebumen.

Pada tahun 1997 berdasar Perda Nomor 9
Tahun 1997 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perpustakaan Umum
Kabupaten Daerah Tingkat II Kebumen
di ubah menjadi UPTD berlokasi di alun alun Kebumen dengan nama Perpustakaan
Umum Kabupaten Kebumen.

Berdasar Perda Nomor 22 tahun 2002 diubah menjadi  UPTD dibawah Dinas P dan K Kabupaten Kebumen dan kemudian berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 14 Tahun 2008 tanggal 8 Agustus 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Satuan Polisi Pamong Praja dan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu dan Perbup Kebumen Nomor 89 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas Pokok, 
Fungsi dan Tata Kerja Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kebumen (Berita Daerah Kabupaten Kebumen Tahun 2008 Nomor 89) urusan perpustakaan dan kearsipan yang dahulunya terpisah kini menjadi digabung menjadi Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kebumen, yang secara efektif berlaku sejak 28 Oktober 2008 berlokasi di Jln. Veteran 24 Kebumen

Berdasarkan Peraturan Daerah No 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan
Susunan Perangkat Daerah dan
Peraturan
Bupati
No 80 tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan
Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan
(Disarpus) Kabupaten Kebumen
maka sejak 1 Januari 2017 ditetapkanlah Dinas Kearsipan
dan Perpustakaan Kabupaten sebagai Dinas Tipe C dengan 2 Bidang dan 1
Sekretariat.